Selasa, 17 April 2012

Perangkat lunak dan keras multimedia & perbedaan mp3 dengan mp4

Perangkat Lunak Multimedia

a. Perangkat Lunak Multimedia

Perangkat lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.

· Media Player.

Media player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:

o Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam paket Microsoft Windows.

o Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh Nullsoft Inc..

o WinDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Intervideo.

o PowerDVD, bersifat komersial dan diproduksi oleh Cyberlink.

o Musicmatch Jukebox, bersifat komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.

o DivX Player, bersifat freeware atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.

o Real Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Real Networks.

o XMMS, audio player bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

o Xine, DVD player yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.

· Audio/Video Editor.

Video/audio editor adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio, contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video, dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media player adalah:

o Adobe Premiere Pro, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.

o Adobe Premiere Elements, bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.

o Windows Movie Maker, bersifat komersial dan diproduksi Microsoft Corp.

o Pinnacle Studio, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.

o TMPGEnc, bersifat komersial dan diproduksi oleh Pegasis Inc.

· Graphis/Image Viewer.

Image viewer adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat lunak image viewer adalah:

o ACDSee, bersifat komersial dan diproduksi oleh ACD Systems.

o XNView, bersifat freeware dan diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.

o Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan Skiljan.

o Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft Corp.

o Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows..

· Graphic/Image Editor.

Image editor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat lunak image editor adalah sebagai berikut:

o Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.

o Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.

o Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.

o Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.

o GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.

· Animasi.

Aplikasi animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:

o Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Macromedia Inc.

o Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect Software.

o Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems Corporation.

· Grafik 3D.

Aplikasi grafik 3 dimensi (3D) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak grafik 3D adalah sebagai berikut:

o 3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh Autodesk Media & Entertainment.

o Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh Nevercenter Ltd. Co.

Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

§ Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

§ RAM - tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC

§ Buses:

§ Bus PCI

§ Bus ISA

§ USB

§ AGP

§ ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan

§ CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer

§ Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas

§ Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROMdan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan

§ Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display

§ Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printeratau scanner

§ Beberapa jenis penyimpanan komputer:

§ CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.

§ CD-ROM

§ CD-RW

§ CD-R

§ DVD

§ DVD-ROM

§ DVD-RW

§ DVD-R

§ Floppy disk

§ Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.

§ Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang

§ Disk array controller

§ Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.

§ Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.

§ Modem - media penyambung ke koneksi internet.

§ Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.

§ Alat lainnya.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.

§ Input

§ Keyboard

§ Alat penunjuk

§ Mouse

§ Trackball

§ Joystick

§ Gamepad

§ Scanner gambar

§ Webcam

§ Tablet Grafis

§ Output

§ Printer

§ Speaker

§ Monitor

§ Jaringan/Networking

§ Modem

§ kartu network

Perangkat Keras Multimedia

Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.

Definisi Komputer Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Perangkat Keras adalah bagian2 dari material komputer. Komponen2 ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi .

Pengenalan Hardware Komputer Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu

  1. Perangkat keras : Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
  2. Perangkat keras : Memori ROM dan RAM
  3. Perangkat keras : Input/Output

Dimana bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :

>> Central Processing Unit / Processor

Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.

>> Memori

Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.

  • Tercepat: Chace Memory dan Main Memory
  • Terlambat: Sekunder Memory

Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain, yaitu :

  • Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
  • Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
  • Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.

Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.

PERBEDAAN MP3 dengan MP4

MP3

MP3 adalah kependekan dari MPEG-1 Audio Layer 3. Digunakan untuk audio dan menggunakan algoritma kompresi. Ini adalah salah satu format audio yang paling umum digunakan tersedia dan telah menjadi standar untuk beberapa waktu.

MP3 akan membuat ukuran file yang lebih kecil dengan menggunakan apa yang disebut model psychoacoustic. Mereka menyingkirkan data yang kebanyakan orang tidak akan mendengar karena terlalu rendah dan tinggi. Dengan melakukan ini, file ukuran bisa sangat berkurang.

MP4

MP4 adalah singkatan dari MPEG-4 Part 14. MP4 didasarkan pada Mpeg-4 Part 12 yang berdasarkan pada tipe file MOV Apple. MP4 merupakan format kontainer, artinya digunakan untuk menyimpan audio dan atau data video.

Dari dua deskripsi diatas, terdapat beberapa perbedaan besar. Pertama, Mp3 adalah ofrmat kompresi audio yang digunakan untuk kompres dan menyimpan audio pada komputer. Mp4 adalah suatu wadah format media yang digunakan untuk menyimpan banyak jenis media pada komputer.

Oleh karna itu, sebuah mp3 dibatasi sehubungan dengan metode kompresi dan hanya dapat menyimpan audio. Mp4 disisi lain, dapat menyimpan video serta audio. Ia bahkan bisa menyimpan subtitles untuk sebuah file video.

http://www.rendzhimaru.net/perangkat-keras-multimedia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar